Dampak Positif dan Negatif Televisi Terhadap Siswa


Dampak Televisi terhadap Siswa

Image

Anak merupakan buah hati semua orang tua di dunia. Perkembangannya pun terus wajib diawasi dengan cermat oleh orang tua. Lingkungan dan apa yang seorang anak dengar, lihat akan menjadi hal yang dapat langsung dengan cepat diadopsi oleh seorang anak. Apalagi anak di usia remaja pada dasarnya merupakan usia tanggung dan masa-masa anak berpikir kritis dan menerima dengan mentah apapun yang langsung ditemuinya.

Bila kita melihat secara umum pengaruh televisi terhadap siswa memang tampak sangat berguna dan bermakna karena media televisi ini merupakan sarana penyampaian informasi yang paling efektif dan efisien, efektif dari segi penyampaian informasi dan efisien dari segi harga untuk memperoleh informasi tersebut.

Dengan media televisi wawasan dan ilmu pengetahuan seorang siswa dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak hal positif yang dapat diambil dari adanya media televisi ini yakni diantaranya seperti, informasi mengenai berita terkini guna menambah wawasan diri kita pribadi masing-masing, ilmu pengetahuan umum yang dapat ia gunakan untuk mengembangkan dirinya dimasa yang akan datang, Entertainment/ hiburan yang berfungsi untuk mengurangi rasa penat atau rasa bosan pada setiap siswa didalam masa remajanya atau dalam masa-masa belajarnya, dan lain sebagainya. Selain dari wawasan dan ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh siswa dari media televisi, keakraban antar keluarga akan tercipta sehingga membuat siswa merasa nyaman berada diantara keluarganya, karena keluarga juga merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan diri seorang siswa.

Selain dampak positif, tentunya media televisi memiliki dampak negatif, diantaranya sebagai berikut :   Malas adalah hal yang paling sering terjadi jika seorang siswa sudah terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga dia melupakan tugas utamanya yakni belajar, dan hal ini merupakan hal yang sangat merugikan bagi siswa itu sendiri. Mengapa ??  Karena dengan bermalas-malasan dia tidak akan mendapatkan apa-apa dan apa yang ia cita-citakan dalam hidupnya, maka dari itu alangkah baiknya orang tua membatasi waktu menonton televisi dan menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan sang anak, selain malas pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal yang tidak seharusnya di contoh, misalkan anak usia dibawah lima tahun menonton tayangan televisi untuk orang dewasa, tentu hal ini sangat ”berbahaya” karena anak bisa dewasa sebelum dewasa, maksudnya adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa tidak seharusnya dicontoh oleh anak kecil, seperti Kekerasan, gaya hidup seperti berpenampilan, bergaul, dan gaya-gaya berbicara yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik, dan lain sebagainya. Hal ini juga memerlukan kontrol dari orang tua untuk tayangan yang sifatnya dewasa seperti itu. Jika hal negatif tersebut sudah terjadi maka selanjutnya dapat kita lihat kepribadian dari siswa itu sendiri akan berubah dan ”Kemungkinan” merugikan bagi semua pihak termasuk dirinya sendiri.

Kesimpulannya adalah, bahwa, setiap hal yang ada didunia ini pasti memiliki aturan dan pandangan yang berbeda yakni, baik dan buruk, begitupun dengan media televisi, yang selayaknya digunakan untuk hal yang baik tetapi tetap saja memiliki dampak yang tidak baik bagi sebagian orang dan atau fungsinya. Maka dari itu peranan orang tua untuk mendidik anak (siswa) sangatlah penting serta kesadaran dari siswa itu sendiri haruslah tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang hendak ia lakukan dengan bimbingan dari guru dan kegiatan-kegiatan positif yang dia lakukan selama dia berada dilingkungan sekolah.

About these ads

4 thoughts on “Dampak Positif dan Negatif Televisi Terhadap Siswa

  1. semua media informasi dan telekomunikasi menguntungkan dan memberikan manfaat bagi kita dengan catata harus bisa mengendalikan diri dan batasi penggunanya ok:)

    Balas
    • Betul mba Aisyah…semua bermanfaat, ada sisi positif dan negatifnya. Jaman sekarang tanpa gadget dan teknologi kami rasa kehidupan didunia global pada umumnya tidak akan berimbang..namun kembali lagi ke pemanfaatannya ya..:)

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s