Pendidikan dan Agama


Setiap agama pasti mengajarkan kebaikan dan nilai luhur

kurikulum-pendidikan-dan-agama

PENDIDIKAN DAN AGAMA. Dua hal yang berbeda mungkin ketika kita mendengar dua kata ini. Pendidikan disandingkan dengan agama???. Apakah perlu dizaman seperti ini berpikiran pelik seperti ini?. Mungkin pernah kita mendengar petikan di film laskar pelangi : “Hei, Jangan kau samakan dengan sekolah kau di jogja, ini ni(adalah) SD Muhamadiyah Gantong, Sekolah yang tidak hanya pendidikan, tapi juga ilmu agama”. Kata-kata yang sempat membuat tersentak, bagaimana seorang guru pun berpikir tentang agama disaat sekolahnya yang reot secara sarana dan prasarana bahkan disaat anak-anak sekolah lain disekitarnya sudah memakai seragam lengkap dengan sepatu.

Terkait dengan banyaknya kasus tawuran antar pelajar, perang antar kampung yang merenggut banyak korban jiwa merupakan pukulan berat bagi bangsa kita yang notabene sedang menghadapi ujian yang lebih berat seperti ekonomi, korupsi dan masalah lainnya. Apa yang salah??.  Moral yang menurun drastis menjadi akar penyebabnya. Bahkan kita ingat pemberitaan media kesemuanya beberapa waktu yang lalu mengarah pada tewasnya seorang pelajar SMA akibat tawuran pelajar. Berita itu menjadi pemberitaan paling banyak dalam beberapa minggu. Akhirnya, semua saling tuding, mulai dari guru, kemudian kepala sekolah, sampai ke kementrian pendidikan.    Semua juga tidak mau disalahkan dan kembali lagi menyudutkan siswa-Lah yang memang tidak bisa diatur.

Begitu pula dengan kurikulum, pernahkah anda tahu, jumlah mata pelajaran agama yang didapat disekolah per-bulannya hanya kurang dari 8 jam per bulannya. Berbanding terbalik dengan mata pelajaran lain yang mendapat porsi lebih banyak. Disinilah mungkin yang menjadi trending tophic dan akhirnya menyedot perhatian kita saat ini bahwa nilai-nilai agama perlu ditanamkan kembali dalam diri masing-masing pribadi, karena setiap agama pasti mengajarkan kebaikan dan nilai luhur yang baik terhadap sesama.

Konsep inilah yang harus di jalankan berbarengan dan berkesinambungan. Pendidikan adalah hal penting karena ukuran akademis seseorang dalam wawasan dan ilmu pengetahuan. Namun agama adalah nilai-nilai dasar akhlak manusia yang harus dipegang teguh. Jadi, keduanya kalau digabungkan akan memiliki dampak yang baik bagi perkembangan bangsa. Insya Allah…….AMIN

Iklan

One thought on “Pendidikan dan Agama

  1. Ping-balik: supriyadin ismail

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s