Terbitkan Tiga Buku, Siswa SMP Mimpi Pergi ke China


Amatullah-Nuha-Salsabila-Siswa-SMP-Mimpi-Pergi-ke-ChinaSidoarjo– Berawal dari hobi menulis pengalaman dan berbagai aktivitas, seorang siswa SMP berhasil menerbitkan tiga buku. Amatullah Nuha Salsabila yang masih berusia 12 tahun 5 bulan ini mengaku ingin menebarkan pesan moral.

Karya pertama pelajar kelas 7-2 SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo ini adalah sebuah novel yang telah cetak ulang. Novel bertema Kecil Kecil Punya Karya itu memiliki judul The Rainbow Shool.

Tidak berhenti disitu, siswi yang pada tahun 2011 lalu mengikuti konferensi penulis cilik Indonesia di Jakarta ini juga sukses menelorkan buku keduanya. Buku itu berupa kumpulan cerpen. The Story Exlporer bertitel Sepeda untuk Sahabat ini telah diterbitkan oleh penerbit Tiga Ananda Solo.

Puncaknya, karya ke-3 Amatullah ini telah diterbitkan sebuah penerbit di Bandung. Buku berjudul KKPK We Are The Stars yang beredar bulan Desember ini merupakan kumpulan cerpen bersama teman-teman penulisnya.

Amatullah menceritakan, beberapa hasil karya novel dan cerpen miliknya sebagian besar terinspirasi dari pengalaman pribadinya selama bersekolah. Mulai dari pengalamannya memasuki kuburan malam-malam dengan mata tertutup slayer ketika berkemah di Krembung, Sidoarjo hingga pengalaman kocaknya saat mulai belajar memasak.

“Setiap kali muncul ide, biasanya langsung saya tulis di buku diary kadang juga di komputer,” tutur Nuha, Kamis (20/12/2012). “Sebagian dikirim ke surat kabar atau majalah,” cerita siswi lulusan SD IT Nurul Fikri Sidoarjo.

Awalnya Nuha sendiri justru terkejut karena karya cerpennya tak lagi sedikit. Kedua orang tuanya pun tercetus ide, bahwa sudah sepantasnya karya Nuha dijadikan sebuah buku. “Orangtua saya kemudian mengumpulkan cerpen itu. Lalu dikirimkan ke sebuah penerbit terkenal di Jakarta,” tambah Nuha.

Bukannya menerima kabar bahagia, Nuha dan kedua orang tuanya sempat harus mengelus dada karena naskah cerpen Nuha saat itu urung terbit. Penyebabnya, pihak penerbit hanya menerima jenis novel bukan cerpen.

“Waktu itu sedih juga nunggu lama tapi kabarnya ditolak,” cerita Nuha. Namun, seiring berjalannya waktu, pelajar asal Sukodono Sidoarjo yang pernah menjadi juara harapan olimpiade matematika kabupaten Sidoarjo ini memetik hasil dari ketelatenannya terus berkarya.

Dari hasil buku novel dan cerpennya, ia berharap uang royalti yang ia dapat, mampu ia gunakan untuk pergi ke luar negeri.
“Saya ingin melihat sekolah di China,” tuturnya sambil tersenyum berangan-angan.(nrm/fat)

Sumber: news detik com

English: Lambang (Coat of Arms) of Kabupaten (...

English: Lambang (Coat of Arms) of Kabupaten (Regency) of Sidoarjo, provinsi Jawa Timur (East Java Province), Indonesia (Photo credit: Wikipedia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s