Pendidikan di Indonesia Sudah Sangat Membosankan


Wamendikbud, Musliar Kasim:

Pendidikan di Indonesia Sudah Sangat Membosankan
anak-sd-pendidikan-membosankanKURIKULUM Pendidikan Nasional 2013 merupakan revisi kurikulum 2006 yang akan lebih mengarah ke pembangunan karakter. Kurikulum baru ini akan diberlakukan untuk tahun ajaran 2013-2014 mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai kepada jenjang pendidikan tinggi.
Pelajaran siswa pada kurikulum baru 2013 nantinya akan lebih ditekankan pada konten. Proses pembelajaran nanti bersifat lebih tematik dan ke depan akan lebih banyak dipelajari siswa di tingkat SD. Pendidikan karakter akan lebih banyak di SD, semakin naik pelajaran pendidikan karakter berkurang dan diganti dengan pelajaran keilmuan.
Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menilai pendidikan Indonesia sudah sangat membosankan. Untuk itu, sudah saatnya mengevaluasi dan mengubah kurikulum pendidikan nasional. Evaluasi, dilakukan secara menyeluruh dengan mempertimbangkan empat standar pendidikan, yaitu standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi.
Dalam pembahasan Kurikulum pendidikan nasional 2013. Kemendikbud melibatkan tokoh-tokoh Nasional seperti Rektor Universitas Paramadina, Anies Basweda, Gunawan Muhammad, tokoh agama, tokoh sastra serta yang lainnya. Perubahan kurikulum ini merupakan program besar dari Kemendikbud yang sudah dibahas sejak tahun 2010.
Menanggapi rencana perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia, pakar pendidikan Arief Rachman mengatakan, pemerintah harus menargetkan perubahan perilaku yang baik pada peserta didik sebagai tujuan dari perbaikan kurikulum pendidikan nasional yang dilakukan. Kurikulum yang baik, ungkapnya, harus mampu menyeimbangkan aspek akademik dan karakter sehingga mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan.
“Kurikulum apapun itu yang penting bagaimana proses mencerna kurikulumnya, bukan untuk menguasai pelajaran, tetapi menyelesaikan dengan perilaku,” ucap Arief.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s