Korea sebagai Negara Unggul yang peduli Pendidikan dan Kepemudaan


Youth Camp Asia

Image

Korea, ya negara ini yang tengah booming akhir-akhir ini. Negara yang terkenal dengan dramanya (K-drama), artis dan musiknya (K-Pop) sampai kuliner, kemajuan ekonomi dan keindahan alamnya ini banyak mengundang decak kagum dunia. Tidak sampai disitu, Negeri yang memiliki 4 musim ini juga merupakan negara yang mampu mengelola banyak kegiatan internasional terutama di bidang pendidikan dan kepemudaan.

Dalam hal ini sebagai penulis, saya mencoba share pengalaman saya selama di Korea. Saya mengikuti ajang tahunan 2007 Youth Camp for Asia’s Future yang dilaksanakan selama hampir sebulan. Di ajang tersebut, diikuti oleh 30 negara dengan jumlah peserta 500 an orang. Di saat yang bersamaan, banyak program sejenis yang diadakan dengan venue yang berbeda tentunya. Bayangkan saja bagaimana korea mengatur dan mengelola begitu banyak program untuk beberapa waktu liburan. Program-program tersebut juga memiliki latar belakang kepemudaan. Ini membuktikan bahwa korea mampu me-manage dan mengemas itu dengan baik.

Yang ada dibenak saya saat itu adalah, bayangkan saja berapa banyak biaya yang ditanggung pemerintah Korea untuk tiap-tiap acara. Di ajang  2007 Youth Camp for Asia’s Future yang saya ikuti itu saja setiap negara mengirimkan 10 orang dan dibiayai akomodasinya secara penuh serta diberi uang saku oleh Pemerintah Korea. Wow, fantastis bukan, itu bukan biaya yang sedikit. Lalu bagaimana dengan program-program yang lain disaat yang bersamaan juga (dengan ketentuan kegiatan beragam)?. Korea saya rasa tidak main-main dengan biaya sebesar itu.

Ada sisi positif korea sebagai negara penyelenggara mengadakan event ini. Saya menilai korea berupaya untuk mempromosikan keberadaan negaranya, mulai dari pendidikan, pariwisata, kuliner dan berbagai hal lain. Korea berupaya menempatkan para peserta itu untuk mempromosikan wisatanya kelak. Karena setiap peserta dengan kebanggaannya pasti akan menceritakan dengan persis tentang korea dan segala macam hal baiknya, termasuk pendidikan tingginya yang sangat terkenal.

Walaupun ini merupakan analisis singkat dari saya, namun Kiat smart ini perlu di contoh oleh semua negara. Korea mampu mengelola dan me-manage suatu event dan membingkainya menjadi suatu program yang menuju kepada promosi pendidikan dan pariwisata yang berbobot. Ini menjadi poin positif bagi Korea dan belum tentu semua negara bisa melakukannya. Ini juga merupakan pencitraan yang positif buat Korea sebagai suatu negara. Semoga kiat smart ini bisa ditiru dan bisa menjadi contoh bagi semua negara terutama Indonesia untuk lebih berani dalam rangka menuju negara yang Go Internasional.

NB: Penulis adalah Ketua rombongan/ National Leader of Indonesia in 2007 Youth Camp For Asia’s Future dan Lulusan Sastra Korea Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s