Pendidikan Karakter Di Indonesia


Pendidikan-Karakter-di-IndonesiaPendidikan Karakter Di Indonesia – Apa yang dimaksud Pendidikan Karakter? Disini GenerousIndonesia akan menjelaskan apa yang dimaksud Pendidikan Karakter.

Pengertian Karakter

Karakter adalah suatu nilai-nilai sikap atau perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, pekataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya dan adat istiadat.

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia yang memiliki budi pekerti yang baik, namun sayangnya program Pendidikan Karakter di Indonesia masih belum berhasil. Dalam melancarkan proses pendidikan karakter di sekolah, semua komponen harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan ko-kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan ethos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah itu sendiri. Saat ini di Indonesia sendiri pendidikan karakter sedang menjadi isu utama dalam dunia pendidikan di Indonesia, harapannya melalui sistem pendidikan karakter tersebut mampu menjadi landasan utama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dalam berbagai bidang dalam bernegara, banyak orang tahu jalan untuk naik, namun banyak yang tidak tahu jalan untuk turun. Dalam proses pembentukan sikap atau karakter yang lebih baik untuk setiap anak bangsa memang harus didik sejak lahir, permasalahan mengenai karakter setiap orang memang merupakan hubungannya dengan fitrah ilahi, namun untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan suatu pendukung yaitu lingkungan. Lingkungan yang baik maka sangatlah mungkin untuk menciptakan setiap individu yang baik pula.

Lingkungan yang dibutuhkan untuk melancarkan sistem pendidikan karakter yaitu berupa lingkungan pendidikan dari jenjang sekolah dasar Hingga perguruan tinggi. Pendidikan karakter sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai pancasila serta UUD 1945 sebagai wujud untuk mencapai cita-cita nasional serta tujuan negara. Pendidikan karakter memang sangat penting dalam proses pembentukan akhlak setiap individu masyarakat Indonesia, ketika tercapainya atau bahkan terlaksananya upaya pendidikan karakter yang akan dijadikan sebagai kurikulum disetiap jenjang pendidikan di tingkat dasar hingga perguruan tinggi maka, hal tersebut akan dapat menghasilkan para penerus bangsa yang memilki akhlak yang sesuai dengan kemanusiaan, sehingga nilai-nilai pancasila ataupun hal-hal yang terkandung dalam UUD 1945 dapat terlaksana dengan baik, dan hal itu tidak hanya dijadikan sebagai sarana memperoleh atau pencarian dalam menemukan suatu jatidiri bangsa, melainkan dapat juga untuk senantiasa mengembalikan atau bahkan dapat mempertahankan suatu peradaban bangsa, terutama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekian penjelasan mengenai Pendidikan Karakter Di Indonesia yang bisa  GenerusIndonesia jelaskan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sobat G.I. semua …

Indonesia

Indonesia (Photo credit: zsoolt)

Indonesia

Indonesia (Photo credit: zsoolt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s