Ujian Pendidikan di Indonesia


Buku-PendidikanPendidikan di Indonesia benar-benar menghadapi ujian. Setelah beberapa tahun memunculkan RSBI atau SBI, yang dalam perjalanannya sering menjadi perbincangan publik karena keganjilan-keganjilan selama masa implementasinya, kemudian dibubarkan oleh Mahkamah Konstutusi pada medio January 2013.
Belum lepas sepenuhnya dari masalah RSBI dan SBI, kini Pemerintah akan segera memberlakukan Kurikulum 2013, yang sejak perancangannya sudah menimbulkan perdebatan di masyarakat.
Beberapa saat yang lalu Kemendikbud meyodorkan ke masyarakat untuk memberikan masukan melalui “Uji PublikKurikulum 2013. Antusiasme masyarakat dalam memberi masukan sangat tinggi. Banyak masukan dan kritikan yang masuk ke meja penggagas kurikulum baru tersebut dan masyarakat terus menunggu tanggapan dari pemerintah.
Komentar, masukan dan kritikannya bermacam-macam, dari yang menyayangkan keterburu-buruan pemerintah memberlakukan kurikulum baru, menanyakan statusnya ke depan karena mata pelajaran yang selama ini diam punya kini ditiadakan, mengkritisi pengurangan atau penggabungan mata pelajaran, atau bahkan jumlah distribusi jam pelajaran. Juga tidak sedikit yang mendukungnya.Namun demikian, Pemerintah rupanya memiliki pertimbangan sendiri tentang kebijakan yang diambil terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 ini.
Agenda pemerintah terhadap proyek Kurikulum 2013 ini terus berjalan agar kurikulum baru tersebut dapat diberlakukan pada tahun ajaran 2013/2014 walaupun secara bertahap. Dari mengenalkan ke masyarakat melalui program Uji Publiknya, sosialisasi, penyiapan SDM, penulisan buku dan penggandaannya.
Pelatihan guru misalnya, yang rencananya akan dilaksanakan selama 6 bulan, pemerintah merubah menjadi hanya 52 pertemuan untuk tiap jenjang pendidikan. Pembatalan itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim (15/1/2013).
Dalam hal pelatihan, untuk tingkat SD Kemendikbud memiliki 531 instruktur yang akan melatih 6810 guru inti, dan guru inti akan melatih 151.695 guru kelas. Sementara itu untuk SMP 1.350 orang instruktur nasional yang akan melatih guru inti sebanyak 19.880 orang. Kemudian guru inti itu akan melatih 365.020 guru mata pelajaran. Sementara untuk SMA dan SMK masing-masing disediakan 324 orang instruktur nasional untuk melatih 2.982 guru inti. Selanjutnya, guru mapel SMA berjumlah 34.605 orang guru dan SMK jumlahnya 29.625 orang guru.
Dari sisi kesiapan materi, pemerintah juga telah mempersiapkan silabus, bahan ajar dan buku petunjuknya. Hanya beberapa minggu Uji Publik Kurikulum 2013 dilaunching, Wakil Menteri Pendidikan menyatakan bahwa silabus telah selesai atau sudah siap.
Agenda yang tidak kalah penting adalah penggandaan dan distribusi buku yang akan dilaksanakan pada bulan April dan diperkirakan memakan waktu 80 hari. Pada bulan Juli 2013 buku harus siap dipakai.
Pertanyaan yang muncul, apakah target yang telah ditentukan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik? Akankah para penulis buku itu mampu menyelesaikan buku yang baik dalam waktu satu bulan? Apabila mampu, lalu adakah jaminan kualitas dari pemerintah pada buku yang hanya dikerjakan selama sebulan? Kemudian kapan akan dilakukan penilaian kelayakan buku yang telah ditulis? Apakah masukan dan kritikan dalam Uji Publik kemarin akan dipertimbangkan, karena saat ini silabusnya sudah beres?
Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang menggelayut terhadap “terburu-burunya” pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013. Kita berdoa, semoga apapun jadinya Kurikulum ini lebih baik dari kurikulum sebelumnya dan mampu mengakomodir keindonesiaan itu sendiri. Mudah-mudahan pemerintah terus mengontrol implementasinya dan penyimpangan-penyimpangan yang potensial, agar rakyat tidak dirugikan oleh kebijakan pemerintah.//**
(Nuansa Persada)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s