Metode Mengajar Kerja Belajar Kelompok


metode-kerja-BELAJAR-kelompokSobat GenerusIndonesia berikut kita sampaikan tentang Metode Mengajar Kerja Belajar Kelompok.
Metode kerja kelompok adalah metode mengajar dengan mengkondisikan peserta didik dalam suatu group atau kelompok sebagai satu kesatuan dan diberikan tugas untuk dibahas dalam kelompok tersebut. Karena itu guru dituntut untuk mampu menyediakan bahan-bahan pelajaran yang secara manipulasi mampu melibatkan anak bekerjasama dan berkolaborasi dalam kelompok.
Penerapan metode kerja kelompok menuntut guru untuk dapat mengelompokan peserta didik secara arif dan proporsional. Pengelompokkan peserta didik dalam suatu kelompok dapat didasarkan pada:

  • (a) fasilitas yang tersedia;
  • (b) perbedaan individual dalam minat belajar dan kemampuan belajar;
  • (c) jenis pekerjaan yang diberikan;
  • (d) wilayah tempat tinggal peserta didik;
  • (e) jenis kelamin;
  • (f) memperbesar partisipasi peserta didik dalam kelompok; dan
  • (g) berdasarkan pada loter/random.

Selanjutnya, pembagian kelompok sebaiknya heterogen, baik dari segi kemampuan belajar maupun jenis kelamin agar terjadi dinamika kegiatan belajar yang lebih baik dari kelompok tidak berkesan berat sebelah yaitu ada kelompok yang kuat dan ada kelompok yang lemah.
Penggunaan metode kerja kelompok menurut Moedjiono (1992:62) bertujuan untuk:

  1. Memupuk kemauan dan kemampuan kerjasama di antara para pesera didik
  2. Meningkatkan keterlibatan sosio-emosional dan intelektuan para peserta didik dalam proses belajar mengaar yang diselenggarakan
  3. Meningkatkan perhatian terhadap proses dan hasil dari proses belajar mengajar secara berimbang

Alasan Penggunaan Metode Kelompok

Metode kerja kelompok digunakan guru karena alasan sebagai berikut:

  1. Membuat peserta didik dapat bekerja sama dengan temannya dalam satu kesataun tugas.
  2. Mengembangkan kekuatan untuk mencari dan menemukan bahanbbahan untuk melaksanakan tugas tersebut.
  3. Membuat peserta didik aktif.

Kelebihan dan Kelemahan Metode Kelompok

a. Kelebihan Metode Kelompok
Kekuatan dari metode kerja kelompok ini adalah :

  1. Membuat peserta didik aktif mencari bahan untuk menyelesaikan tugasnya
  2. Menggalang kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
  3. Mengembangkan kepemimpinan peserta didik dan pengajaran keterampilan berdiskusi dan proses kelompok

b. Kelemahan Metode Kelompok
Keterbatasan penggunaan metode kerja kelompok ini, adalah :

  1. Kerja kelompok hanya memberikan kesempatan kepada peserta yang aktif dan mampu untuk berperan sedangkan peserta didik yang terbelakang tidak terbuat apa-apa
  2. Memerlukan fasilitas yang beragam baik untuk fasilitas fisik dan ruangan maupun sumber-sumber belajar yang harus disediakan. (rennynataliaa blogspot com)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s