Menjadi Guru Bermutu dan Profesional


MENJADI GURU BERMUTU dan PROFESIONAL

Menjadi-Guru-Bermutu-dan-Profesional-Sobat GenerusIndonesia, Guru Yang Bermutu dan Profesional, yaitu Guru Yang Mau Bertanggungjawab dan Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan dan Profesionalisme Sendiri (Guru Yang Dapat Mandiri – Meningkatkan Profesionalisme Secara Swadaya). Kalau guru kita tidak dapat mandiri, bagaimana kita dapat berharap pelajar kita dapat mandiri?
Dalam hal ini pengembangan profesionalisme guru merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengembalikan reputasi guru sebagai pekerja profesional. Guru dituntut untuk selalu mengembangkan profesionalitasnya. Tanggungjawab dalam mengembangkan profesi pada dasarnya merupakan tuntutan kebutuhan pribadi guru. Tanggungjawab mempertahankan dan mengembangkan profesinya tak dapat dilakukan oleh orang lain kecuali oleh guru itu sendiri. Siapa lagi kalau bukan guru itu sendiri dan kapan lagi kalau bukan sekarang waktunya untuk meningkatkan kompetensi profesional.
Guru harus peka dan tanggap terhadap perubahan-perubahan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Di sini guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan, meningkatkan kualitas pendidikannya sehingga apa yang diberikan kepada siswnya tidak terlalu ketinggalan dengan perkembangan kemajuan zaman.
Bahkan tidak cukup dengan itu saja, untuk membangun kembali puing-puing kepercayaan masyarakat terhadap profesi guru yang hampir tumbang diterjang angin perubahan zaman, maka guru perlu tampil di setiap kesempatan di masyarakat baik sebagai pendidik, pengajar, pelatih, inovator, motivator maupun dinamisator pembangunan masyarakat yang bermoral Pancasila sekaligus mencerdaskan bangsa Indonesia.
GenerusIndonesia sebagai sumber informasi untuk membantu meningkatan pengertian terhadap isu-isu perkembangan guru, juga sebagai salah satu strategi untuk menyampaikan bahan pembelajaran ke Guru Pembina Perkembangan Sekolah, Kita tidak hanya menggunakan ICT dalam proses pembelajaran karena proses meningkatkan mutu guru perlu pembelajaran-aktif, yang hanya dapat dilaksanakan oleh guru. Bahan G.I.i dimanfaatkan oleh guru untuk melaksanakan program upaya peningkatan mutu pendidikan dengan semua guru yang mau berpartisipasi (Umar Ramli)

Sumber: umarsite.com

One thought on “Menjadi Guru Bermutu dan Profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s