Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Belajar


Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Belajar

(LAYANAN BIMBINGAN KONSELING)
Bimbingan-dan-konselingSobat GenerusIndonesia, kesulitan belajar yang didefenisikan oleh The United States Office of Education (USOE) yang dikutip oleh Abdurrahman (2003 : 06) menyatakan bahwa kesulitan belajar adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologis dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ajaran atau tulisan.
Di samping defenisi tersebut, ada definisi lain yang yang dikemukakan oleh The National Joint Commite for Learning Dissabilites (NJCLD) dalam Abdurrahman (2003 : 07) bahwa kesulitan belajar menunjuk kepada suatu kelompok kesulitan yang didefenisikan dalam bentuk kesulitan nyata dalam kematian dan penggunan kemampuan pendengaran, bercakap-cakap, membaca, menulis, menalar atau kemampuan dalam bidang studi matematika.
Ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa sekolah menengah dan mahasiswa. Kesulitan mempelajari ilmu kimia ini terkait dengan ciri ilmu kimia itu sendiri. Adapun ciri-ciri ilmu kimia tersebut adalah:

  1. Sebagian besar ilmu kimia itu bersifat abstrak,
  2. Ilmu kimia merupakan penyederhanaan dari materi yang sebenarnya,
  3. Sifat ilmu kimia berurutan dan berkembang pesat,
  4. Ilmu kimia tidak hanya memecahkan soal-soal,
  5. Bahan atau materi yang dipelajari sangat banyak (Middlecam (1985) dalam Rumansyah dan Irhasyuna, 2001).

Di dalam mempelajari ilmu kimia kita tidak lepas dari persoalan-persoalan yang berhubungan dengan perhitungan matematika. Dalam memecahkan persoalan-persoalan yang memerlukan perhitungan ini tentunya siswa akan mengalami kesulitan muali dari memahami soal, menulis apa yang diketahui seperti menulis lambang, menulis apa yang ditanyakan, menulis rumus-rumus hingga mencapai ke penyelesaian atau operasi matemetika.
Menurut Arifin, dalam Rumansyah dan Irhasyuna (2001) kesulitan siswa dalam mempelajari ilmu kimia dapat bersumber dari :

  1. Kesulitan dalam memahami istilah
    • Kesulitan ini timbul karena siswa hanya menghapal istilah dan tidak memahami maksud dari istilah yang sering dipergunakan dalam pembelajaran kimia.
  2. Kesulitan dalam memahami konsep kimia
    • Kebanyakan kosep-konsep dalam ilmu kimia maupun materi kimia secara keseluruhan merupakan konsep atau materi yang bersifat abstrak dan kompleks, sehingga siswa dituntut untuk memahami konsep tersebut secara benar dan mendalam.
  3. Kesulitan angka
    • Dalam mempelajari kimia tidak lepas dari perhitungan matematis, dimana siswa dituntut trampil dalam menerapkan rumus atau operasi matematika. Namun sering dijumpai siswa tidak memahami rumus tersebut.

Belajar tidak senantiasa berhasil, akan tetapi sering kali ada hal-hal yang bisa menghambat kemajuan belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dikarenakan metode mengajar yang tidak sesuai, penekanan kurikulum yang tidak cocok atau bahkan pembelajaran yang kompleks.
Menurut Slameto (2003 : 54), faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ada dua, yaitu :

1. Faktor intern

Faktor intern adalah faktor yang ada di dalam individu yang sedang belajar. Faktor intern dibagi menjadi beberapa faktor, yaitu :
Jasmani, yang terdiri dari faktor :

  1. cacat tubuh atau adanya susunan saraf yang tidak berkembang secara sempurna.
  2. Mempunyai penyakit yang sifatnya menahun yang dapat menghambat usaha-usaha belajar secara optimal.
  3. Kelemahan pada unsur pancaindera (misalnya mata/telinga yang tidak sempurna/cacat) yang dapat mengganggu interaksi dalam proses pembelajaran.

Psikologis dan mental, yang terdiri dari faktor:

  1. Inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.
  2. Tingkat kecerdasan rendah.
  3. Aktivitas yang tidak terarah,kurang semangat,kurang menguasai ketrampilan.

Emosional dan kebiasaan sikap yang salah, terdiri dari faktor :

  1. Terdapatnya rasa tidak aman (insecurity).
  2. Penyesuaian yang salah terhadap orang – orang.
  3. Kurang menaruh minat terhadap pekerjaan sekolah.
  4. Malas dan tidak mau belajar.
  5. Sering tidak mengkuti pelajaran (bolos).
  6. Banyak melakukan aktivitas yang bertentangan dan tidak menunjang aktivitas sekolah.

Tidak memiliki ketrampilan dan pengetahuandasar yang diperlukan, seperti :

  1. Ketidakmampuan membaca, menulis, kurang menguasai pengetahuan dasar untuk bidang studi yang ditempuh (misalnya bahasa inggris).
  2. Memiliki kebiasaan belajar dan cara bekerja yang salah.

2. Faktor ekstern

Faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar individu. Faktor ekstern dikelompokkan menjadi tiga faktor, yaitu :

Keluarga, yang meliputi:

  1. cara orang tua mendidik
  2. relasi antara anggota keluarga
  3. suasana rumah
  4. keadaan ekonomi keluarga,
  5. pengertian orang tua latar
  6. besar kecilnya anggota keluarga
  7. Tradisi dan kultur keluarga
  8. Ketrentaman dan keamanan sosio-psikologis.

Sekolah, yang meliputi:

  1. Kelemahan dari sistem belajar mengajar pada tingkat-tingkat pendidikan.
  2. Kurikulum yang seragam, buku sumber yang tidak sesuai dengan tingkat kematangan dan perbedaan individu.
  3. Relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa.
  4. Terlalu sering pindah sekolah atau tinggal kelas.
  5. Terlalu berat beban belajar (siswa) dan atau mengjar (guru).
  6. Ketidaksesuaian sistem pengajaran
  7. Terlalu besar populasi siswa dalam kelas, terlalu banyak menuntut kegiatan diluar.
  8. disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah.

Masyarakat, yang meliputi:

  1. kegiatan siswa dalam masyarakat, media massa, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat.
  2. Pengaruh kelompok pergaulan yang tidak edukatif dan merusak moral siswa.

Demikianlah Sobat GenerusIndonesia, beberapa faktor yang dapat mengakibatkan siswa menghadapi kesulitan belajar. Tentu saja masih banyak kemungkinan faktor lain sebagai sumber terjadinya kesulitan belajar ditinjau dari aspek intern dan ekstern. (arofaheducation wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s