Indikator Kesulitan Belajar Siswa


Indikator (Alat Pengamat) Kesulitan Belajar Siswa

(LAYANAN BIMBINGAN KONSELING)
Bimbingan-Konseling

Sobat GenerusIndonesia, Langkah Pengamatan Indikator kesulitan belajar Siswa pada dasarnya adalah upaya untuk mengetahui masalah kesulitan belajar yang dihadapi siswa secara tuntas. Karena kegiatan ini termasuk layanan bimbingan belajar, maka langkah ini menganalisis tentang: Kesulitan belajar itu tentang apa

Indikator dari dalam diri siswa

Tingkat kesehatan siswa

  • Keadaan tubuh siswa yang kurang sempurna
  • Kelemahan pada unsur pancaindera

Tingkat psikologis dan mental siswa

  • Minat siswa dalam mengikuti pelajaran
  • Motivasi siswa dalam belajar
  • Tingkat kecerdasan siswa
  • Aktivitas yang kurang terarah

Tingkat kejiwaan siswa

  • Ketrampilan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki siswa
  • Ketepatan siswa dalam mengikuti pelajaran
  • Kondisi psikologis siswa
  • Kemampuan dalam menguasai ilmu pengetahuan
  • Tingkat kecerdasan yang rendah

Indikator dari luar

  • jumlah kelengkapan peralatan sekolah yang dimiliki siswa.
  • Kondisi dan ketrentaman keluarga
  • Banyaknya uang saku yang diberikan orangtua
  • Beratnya beban yang ditanggung siswa
  • Ketidaksesuaian sistem pengajaran
  • Tingkat kedisiplinan siswa
  • Hubungan antara siswa dengan orang tua/ guru
  • Pergaulan yang kurang baik

Butir-butir Pertanyaan dalam Interview

  • Apakah pemberian motivasai yang diberikan orang tua kepada siswa akan berpengaruh dalam proses belajar mengajar?
  • Apabila dalam suatu pembelajaran hubungan siawa dengan guru kurang baik, maka bagaimana proses pembelajarn tersebut?
  • Bagaimana caranya agar siswa dapat disiplin ?
  • Apabila ada siswa yang cacat atau kurang sempurna, apakah belajarnya bisa efektif?
  • Bagaimana caranya agar siswa dapat menguasai materi yang diberikan ?
  • Apakah mempunyai peralatan sekolah yang lengkap dapat menunjang semangat belajar siswa?
  • Bagaimana caranya menumbuhkan minat siswa ketika sedang pelajaran ?

KESIMPULAN

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kesulitan belajar adalah siswa yang tidak dapat mencapai target pembelajaran baik ditinjau dari segi penguasaan materi pelajaran, psikologis dan mental siswa, sifat emosisonal dan kebiasaan sikap yang salah, serta rentangan waktu yang tersedia. Selain itu lingkungan masyarakat luar dan salah dalam pergaulan menjadi faktor penyebabnya. Dari segi penguasaan materi siswa tidak dapat menguasai materi pelajaran yang diberikan, dari segi psikologis dan mental siswa ia kurang ketrampilan dan tingkat kecerdasan yang rendah, ditinjau dari segi emosional dan kebiasaan sikap yang salah yaitu siswa kurang menaruh minat terhadap pekerjaan sekolah, serta malas dan tidak mau belajar, ditinjau dari segi waktu yang tersedia ia tidak dapat menyelesaikan dengan tepat waktu (ia membutuhkan banyak waktu) (arofaheducation)

One thought on “Indikator Kesulitan Belajar Siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s