Betapa Kerennya Generasi Muda yang Tidak Merokok!


Betapa-Kerennya-Generasi-Muda-yang-Tidak-MerokokSobat Generus Indonesia, sebelumnya saya ingin menjelaskan mengapa artikel ini masuk ke dalam kategori “muda”, padahal artikel ini mengulas informasi “kesehatan”. Hal ini dikarenakan banyaknya remaja (bahkan anak kecil) yang sudah mulai merokok, maka artikel ini masuk kategori muda agar generasi muda mengetahui dan sadar “betapa kerennya generasi muda yang tidak merokok!”

Ide untuk menulis artikel ini muncul ketika saya melihat dua orang anak SMP (berusia sekitar 13 tahun) merokok di dalam angkutan umum yang saya tumpangi. Tanpa sungkan mereka menyulut rokok di depan beberapa ibu dan bapak yang ada di dalam angkutan umum itu juga. Saya terkejut sekaligus gemas melihat tindakan mereka. Saya membatin kesal “anak bau kencur saja sudah tidak punya rasa malu !”

Kemudian timbul rasa penasaran dalam diri saya untuk mencari tahu jumlah perokok di Indonesia. Dan informasi yang saya dapatkan adalah saat ini diperkirakan 61,4 juta penduduk Indonesia perokok aktif, dengan prevalensi perokok aktif 67,4 persen laki-laki. Hal itu menempatkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah perokok aktif terbanyak ketiga di dunia, setelah China dan India. Diperkirakan sekitar 97 juta orang Indonesia menjadi perokok pasif, dari jumlah itu 43 juta orang di antaranya anak-anak. Dan sekitar 11,4 juta anak yang menjadi perokok pasif itu berusia antara 0-4 tahun (sumber: www shnews.co).

Kemudian, dari hasil penelitian juga menunjukkan antara kurun 1995 hingga 2007, terjadi peningkatan jumlah perokok pada anak di usia 10 hingga 14 tahun yang mencapai enam kali lipat. Menurutnya, jumlah anak yang merokok pada 1995 sebanyak 71.126 orang. Pada 2007 jumlahnya meningkat menjadi 426.214 anak. Tentu hal ini cukup mengejutkan! Saya teringat dengan dua anak SMP yang saya jumpai di angkutan umum waktu itu. Mungkin mereka termasuk ke dalam perokok aktif dalam penelitian tersebut. Ckckck.

Memang, penghisap rokok terbesar berasal dari kaum Adam (pria). Stereotype rokok sebagai simbol maskulinitas menjadikan anak baru gede pun nekat mencoba. Gaya persuasif iklan rokok di media elektronik dengan segala tagline-nya terbukti ampuh menggaet jutaan orang untuk ikut menghisap rokok, tak terkecuali anak-anak. Penelitian yang dilakukan oleh Komnas Perlindungan Anak terhadap 10.000 remaja menunjukkan bahwa 70 persen anak dan remaja yang melihat iklan rokok terpengaruh untuk merokok. Bahkan data dari Tobacco Control Support Center menyebutkan jumlah perokok remaja usia 15 hingga 19 tahun atau usia sekolah SMP, SMA, dan perguruan tinggi meningkat 12,9 persen dalam kurun waktu 15 tahun (1995-2010). Tentu saja ini adalah angka yang fantastis!

Pria merokok sih biasa. Banyak tuh pria merokok di Indonesia. Tapi jika Anda adalah pria yang tidak merokok, Anda baru luar biasa! Karena yakinlah bahwa Anda menjadi salah satu pria limited edition, jarang dan sangat dicari. Dicari oleh wanita. Hehehe.

Bukannya saya sentimen dengan pria-pria perokok, tapi saya tidak bisa membohongi diri bahwa saya tidak tahan dengan asap dan bau rokok. Apalagi penelitian mengatakan bahwa perokok pasif lebih rentan terkena penyakit paru-paru dibanding perokok itu sendiri. Saking dongkolnya, dalam hati saya mengumpat “kalau mau mati, jangan ngajak-ngajak dong!

Sebelumnya, saya katakan bahwa saya sangat respect terhadap generasi muda (terutama pria) yang tidak terpengaruh merokok meskipun fenomena merokok sangat booming di Indonesia. Kalian adalah generasi muda yang keren! Mengapa saya katakan kalian keren? Tentunya ada banyak alasan yang saya miliki. Namun perlu ditekankan bahwa keren di sini bukan berarti dalam hal fisik saja. Meskipun saya yakin bahwa generasi muda yang tidak merokok pasti terlihat lebih sehat secara fisik karena kemungkinan memiliki gaya hidup yang sehat juga. Keren juga berarti beberapa hal, sebagai berikut :

  1. Generasi muda yang tidak merokok memiliki kepedulian kepada dirinya dan orang lain. Mengapa? Pertama, mereka tidak ingin merusak diri mereka sendiri dengan rokok. Dan kedua, mereka juga tidak ingin menghancurkan orang lain dengan asap rokok. Bukankah dari hal kecil itu menunjukkan rasa kepeduliannya? Keren, kan?
  2. Generasi muda yang tidak merokok adalah orang-orang yang berpikir ke depan (visioner). Mengapa? Karena mereka tidak mau menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat yang akan menghancurkan mereka yaitu rokok. Bagi mereka, merokok sama saja seperti membakar uang. Tidak ada gunanya. Setidaknya mereka lebih bisa berhemat untuk masa depan kelak. Keren, kan?
  3. Generasi muda yang tidak merokok (saya yakini) memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Dari beberapa pria yang tidak merokok di sekitar saya (saya ambil contoh pria karena lebih mayoritas), mereka cenderung memiliki gaya hidup yang sehat. Berolahraga, terlihat lebih bugar, dan yang pasti tidak bau rokok! Jarang sekali pria yang tidak berbau rokok saat ini. Sehingga mereka yang tidak merokok terlihat sangat keren!
  4. Generasi muda yang tidak merokok adalah orang-orang yang kuat! Mengapa? Karena mereka tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang begitu kuat mempersuasif mereka untuk merokok. Sehingga saya yakini bahwa mereka juga akan lebih kuat (dibandingkan dengan mereka yang merokok) dalam menghadapi godaan untuk berbuat negatif lainnya seperti korupsi, tawuran, dan lain-lain. Keren, kan?

Pada akhirnya, saya ingin ungkapkan bahwa saya sangat kagum dan salut pada generasi muda yang tidak merokok. Berarti mereka memiliki kekuatan prinsip untuk tidak merusak masa depan dan kesehatan mereka sendiri. Saya tidak bosan-bosannya mengatakan, jika Anda adalah pria yang tidak merokok, maka Anda adalah pria limited edition yang banyak dicari wanita (termasuk saya hehe). Karena Anda adalah generasi muda yang keren!

Untuk perokok aktif, apa masih tetap mau merokok? [sumber: muda.kompasiana.com]

Tinggalkan Balasan

