Pendaki terserang Hypotermia


Serangan Hypotermia

Serangan Hypotermia

Mendengar kabar seorang pendaki yang meninggal di kandang badak beberapa hari kemarin karena hypotermia, saya jadi banyak mendapat pelajaran untuk menyiapkan segala keperluan dengan teliti sebelum naik, termasuk mengetahui kemungkinan apa saja yang akan terjadi ketika kita naik. Mungkin sebagian pendaki, sudah sangat tidak asing dengan istilah ini, walaupun tidak semua mengetahui dengan detail. Jadi, apa itu Hypotermia?

Hypothermia adalah gangguan medis yang terjadi didalam tubuh dimana terjadi penurunan temperatur tubuh secara tidak wajar disebabkan tubuh tidak mampu lagi memproduksi panas untuk mengimbangi dan menggantikan panas tubuh yang hilang dengan cepat karena buasnya tekanan buruk dari luar, yaitu udara dingin disertai angin, juga hujan, dan ketidak-pedulian dari Subyek itu sendiri yang makin memperparah keadaan, yaitu memakai pakaian basah, tubuh lelah dan lapar, serta seluruh tubuh terutama kepala tidak terlindung dari terpaan angin dingin. Situasi tersebut menjadikan temperatur tubuh turun dengan cepat dari 37°C (temperature normal) secara keseluruhan turun hingga dibawah 35°C. Selanjutnya kematian bisa terjadi bila temperatur tubuh terus semakin turun drastis hingga dibawah 30°C.

Hypotermia biasanya menyerang orang yang mempunyai daya tahan yang lemah terhadap udara yang kelewat dingin. Untuk menghindari terserang Hypotermia untuk para pendaki, dianjurkan untuk teliti dalam menyiapkan berbagi keperluan saat akan mendaki. Kenali dulu cuaca dan suhu gunung yang akan kita daki, kalo nekat pengen naik saat musim hujan seperti sekarang, siapkan keperluan yang dibutuhkan dengan seksama.

Tanda-tanda hypotermia, diantaranya menggigil, detak jantung yang melemah, berbicara melantur, tekanan darah menurun dan terjadi kontraksi otot sebagai usaha tubuh untuk menghasilkan panas, bahkan untuk hypotermia parah penderita tidak sadar diri, badan menjadi kaku, pupil mengalami dilatasi, hipotensi akut dan pernapasan sangat lambat hingga tidak kelihatan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk orang yang terlanjur terserang Hypotermia, diantaranya:

  1. Tempatkan korban di tenda yang terhindar dari hembusan angin kencang.
  2. Baringkan di tempat yang hangat
  3. Masukan korban kedalam sleeping bag kering
  4. Beri minuman dan makanan yang hangat dan manis
  5. Apabila baju korban dalam keadaan basah, ganti terlebih dahulu dengan baju yang kering.
  6. Jangan membiarkan korban tertidur.
  7. Masukan botol hangat kedalam sleeping bag
  8. Buat api unggun disekitar korban ketika korban telah sadar.

Yang terpenting untuk terhindar dari hypotermia adalah mempunyai pemahaman yang mempuni dan persiapan yang matang ketika kita akan mendaki. Jangan sampai kegiatan kita untuk bertadzabur, melihat kebesaran Allah dengan berjalan diatas puncak-puncak gunung malah berujung dengan hal-hal yang kita inginkan…

Salam Generus !!!
Sumber: ririnkyurin. wordpress. com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s