Remaja Berbisnis ?, why not


Remaja Berbisnis

Remaja-BerbisnisSobat Generus Indonesia, WIRAUSAHA bukan hanya pengetahuan yang bisa dituntut oleh mereka yang sudah dewasa, tetapi bisa juga diajarkan kepada remaja agar menjadi bagian dunianya sejak dini. Bedanya, pengetahuan bisnis yang dituntut oleh orang dewasa salah satunya sebagai alasan memperbaiki ekonomi dan menghasilkan uang secara langsung. Sedangkan untuk remaja lebih pada pembelajaran dan membentuk kepribadiannya dari modul pembelajaran yang diajarkan oleh guru dan orang tua.

Mengapa pengetahuan bisnis dan wirausaha menjadi penting diajarkan sejak dini? Jawabannya tidak lain agar menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk bekal masa depannya kelak. Menumbuhkan jiwa wirausahawan sejak dini membuat tumbuhnya pribadi kreatif dan kaya akan inovasi dalam menghadapi rintangan dan tantangan hidup.

Berikut 10 ide bisnis terbaik yang dapat membuat remaja bisa mendapatkan pendapatan dan membuka jalan menjadi salah satu pengusaha di masa mendatang, seperti dilansir situs SiliconIndia.

1. Tugas layanan antar

Pada era globalisasi yang bergerak cepat ini, waktu menjadi faktor penting bagi setiap orang. Terkadang seseorang membutuhkan jasa antar untuk sesuatu yang mereka butuhkan karena tak memiliki waktu mengambilnya sendiri. Kondisi ini bisa menjadi ide bagi remaja untuk menjalankan bisnis pelayanan antar barang atau hal lain. Anda dapat memulai dengan memberikan pelayanan antar barang-barang kecil seperti alat tulis, bahan makanan, dan lainnya. Lokasi bisnis bisa dimulai dari lingkungan sekitar. Pada akhirnya dari jasa ini akan ada pemasukan lumayan bagi kantong jika semuanya berjalan dengan baik. Bahkan ini bisa menjadi sumber yang baik dari pendapatan masa depan.

2. Konsultan media sosial

Dunia digital bukan hal aneh lagi saat ini. Internet menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Sebagian besar pengguna internet terdiri dari para remaja. Daripada membuang-buang waktu dalam mencari sesuatu, orang-orang sekarang lebih memilih untuk memiliki daftar apa yang mereka cari di internet. Para remaja bisa memanfaatkan ini sebagai sumber pendapatan mereka. Dengan membuat sebuah halaman hasil pencarian yang terbaik, misalkan untuk restoran, pusat perbelanjaan, taman terdekat atau nomor kontak dari layanan taksi, dan lainnya melalui pemasaran lewat media sosial.

3. Pengajar komputer

Orangtua zaman sekarang lebih peduli tentang bagaimana anak-anaknya bisa berkembang di masa depan. Komputer menjadi salah satu pertimbangan orang tua bagi anak-anaknya. Anda bisa memberikan bantuan kepada orang tua yang ingin anak-anaknya pandai atau sekedar mengetahui dasar-dasar komputer. Dengan memberikan pengajaran komputer akan ada tambahan uang saku dan juga dapat menghasilkan ide kewirausahaan di masa depan.

4. Penitipan bayi

Di hampir semua kantor, jumlah karyawan perempuan meningkat dari hari ke hari dan hampir setara dengan karyawan laki-laki. Nah, dengan peningkatan jumlah ibu yang bekerja, kemungkinan pekerjaan menjaga anak ikutan tumbuh. Penjaga bayi adalah cara yang paling cocok bagi remaja mendapatkan penghasilan. Kesabaran adalah hal yang paling dibutuhkan untuk melangkah ke usaha penitipan bayi tersebut.

5. Tukang angkut dan pengemasan barang

Pindah ke rumah baru selalu terdengar baik untuk sebagian besar orang. Tapi ketika datang untuk berkemas barang-barang rumah tangga, orang mulai malas melakukannya. Pengepakan dan memindahkan barang juga bisa menjadi salah satu cara termudah remaja untuk menjadi pengusaha. Memiliki sekelompok teman akan lebih bermanfaat dalam hal ini, untuk bekerjasama membuka usaha pemindahan barang.

6. Pekerja Lepas

Sebagian besar remaja suka menghabiskan waktu mereka di internet. Apakah itu jejaring sosial atau menemukan beberapa jawaban untuk tugas mereka. Pilihan bantuan melalui internet. Pekerja lepas dapat bermanfaat bagi para remaja untuk mendapatkan jumlah tambahan ketika menggunakan internet untuk berbagai alasan lain. Menulis konten, mempertahankan data-base, fotografi, editing, dan lainnya adalah berbagai bidang di mana pekerjaan lepas dapat dilakukan.

7. Pembuat Lilin

Saat ini, tidak hanya selama festival, namun lilin telah menjadi salah satu item dekoratif yang paling dipuja dalam acara pertemuan dan lainnya. Pembuatan lilin tidak memerlukan pelatihan yang ketat dan dapat dilakukan dalam sebuah ruangan kecil. Para remaja dapat memilih untuk membuat lilin di kamar atau di halaman belakang. Jadilah mereka seorang pengusaha lilin.

8. Petugas perawatan

Siapa yang tidak suka bunga atau yang tidak ingin memiliki halaman bersih di depan rumah mereka? Jawaban atas pertanyaan ini adalah ‘tidak ada’. Semua orang ingin rumah, apartemen atau bungalow miliknya tampil cantik dan menarik. Tetapi untuk melakukan hal tersebut adalah pekerjaan yang sulit bagi beberapa orang. Memberikan perawatan dapat membantu remaja untuk menjadi pengusaha. Bahkan hal ini dapat membantu mereka untuk memiliki masa depan yang mapan di hari mendatang.

9. Penjaga hewan

Hewan menambah keakraban dan juga membawa sukacita dalam setiap keluarga. Kucing salah satu hewan peliharaan yang paling disukai. Tak cukup sebagai pelengkap kebahagiaan. Ada kewajiban yang harus dilakukan terhadap hewan tersebut, seperti pemeriksaan ke dokter, atau hal lain. Para remaja, yang memiliki kelembutan dan menyayangi hewan peliharaan, dapat membuat usaha perawatan hewan.

10. Pembuat Perhiasan

Perhiasan menjadi pelengkap wanita tampil cantik. Sebab itu perhiasan adalah salah satu karakteristik penting dari perempuan. Remaja, yang memiliki sedikit rasa seni dan kerajinan dapat dengan mudah membuat perhiasan tersebut. Pada awalnya, bantuan orang tua mungkin diperlukan. Namun seiring dengan waktu dan pengalaman, mereka bisa menjadi desainer independen dan bisa menjadi pengusaha perhiasan sendiri.//**
(Sumber: nuansaonline.net)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s