12 Batu Cincin Termahal 2014


Sepanjang sejarah kehidupan manusia batu permata telah ditempatkan sebagai barang paling bernilai selain emas. Sejak ribuan tahun lalu benda ini dinggap sakral dan sering dijadikan simbol kemewahan dan gaya hidup pemiliknya. Bahkan hingga saat memiliki emas dan batu permata menjadi impian banyak orang terlebih untuk jenis batu cincin termahal dan langka. Hanya saja tidak semua orang mampu memilikinya karena harga batu cincin ukuran kecil saja ada yang bisa mencapai harga jutaan dollar/karat, terlebih untuk jenis batuan mulia langka dan sulit ditemukan. Biasanya barang seperti itu hanya orang-orang tertentu saja yang mampu memiliki karena harganya yang selangit.
Dari sekian banyak permata berharga mahal yang ada di dunia, terdapat beberapa batu permata termahal dan masuk dalam kategori batu mulia langka dengan jumlah sangat terbatas. Berikut ini daftar batu termahal dan langka yang ada saat ini :

1. Batu Berlian

Batu-Berlian(Perkiraan Harga $350 Juta/karat / Rp.4 Trilliun)
Jenis batu berlian termahal didunia ini bernama ‘Berlian Hope’ seberat 45,52 karat dengan warna biru tua dan bisa berubah warna merah saat terkena sinar matahari pagi. Kini permata ini tersimpan di Smithsonian Museum, Natural History, Washington Amerika. Jenis berlian ini pertama kali ditemukan di India pada tahun 1812. Batu langka dengan segala keunikannya ini pernah dimiliki beberapa orang setelah kemudian berakhir di sebuah musium. Diantara sebagian pemilik sebelumnya adalah Harry Winston, Pierre Cartier, dan yang terakhir Lord Francis Hope sekaligus menjadi nama dari batu berlian hingga saat ini. Hingga saat ini hanya terdapat sangat sedikit batu berlian merah di dunia. Tidak heran bila harga batu jenis ini mencapai USD 2,5 juta atau setara Rp29,4 miliar per karat. Salah satu perusahaan yang menjual batu intan merah ini adalah Leibish.Co. Penasaran seperti apa wujud dan harganya? Anda bisa cek di sini: http://www.leibish.com/red-diamonds

2. Red Diamond / Berlian Merah

Berlian-Merah-Red-Diamon(Perkiraan Harga $7 Juta/karat / Rp. 70 Milyar)
Selain berlian hope adan Berlian Merah menempati urutan kedua dengan harga kisaran 70 M. Hingga saat ini berlian masih menempati harga urutan teratas dari semua harga batu termahal yang ada di dunia. Bahkan termasuk pilihan utama bagi para hartawan yang pada dalam bentuk perhiasan seperti kalung, liontin, cincin atau anting-anting. Permata ini telah menjadi simbol kemewahan dan gaya hidup terutama bagi kalangan orang kaya.

3. Batu Giok /Jadeite

Batu-Giok(Perkiraan harga US$27.440.000)
Untuk jenis Giok termahal saat ini berbentuk Kalung Giok (Jadeite Necklace) dengan kisaran harga US$27.440.000. Batu ini termasuk salah satu dari sekian banyak batuan mulia mulia yang sudah dikenal sejak ribuan tahun dan dipercaya sebagai batu sakral yang memiliki banyak manfaat karena dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Popularitas batu giok tidak pernah lekang dimakan waktu bahkan hingga saat ini masih menjadi buruan banyak kolektor dan penghobbi sehingga membuat harga batu mulia kian mahal dari tahun ke tahun.

4. Serendibite

Serendibite(Perkiraan Harga US$ 2.5 juta/karat)
Serendibite termasuk jenis batu mulia langka yang ada dunia, sehingga harga batu menjadi sangat mahal atau dengan kisaran harga US$ 2.5 juta/karat. Serendibite hanya ditemukan di duan negara yaitu Sri lanka dan Birma.

 

 

 

5. Blue Garnet/Garnet Biru

Blue-Garnet(Perkiraan Harga US$1.5/karat)
Batu mulia ini masuk dalam kelompok mineral silikat dan sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu sebagai batu berharga dan bernilai. Batu Garnet memiliki banyak warna seperti coklat, kuning, pink, hitam, merah, hijau dan biru. Warna biru termasuk jenis terbaik dari batu garnet yang dikenal dengan (Blue Garnet). Untuk kenis batu berkualitas tinggi banyak berasal dari Madagaskar, namun bati ini juga ditemukan di Amerika dan Turki.

 

 

6. Painite

Batu-Painite(Perkiraan Harga $ 60.000/karat)
Painite pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an di Miyanmar oleh seorang minerolog inggris dan masuk dalam kategori batuan langka dari jenis meneral borat dengan jejak vanadium sebagai material yang memicu perubahan warna pada batu, sehingga batu ini bisa berubah warna dalam kondisi dan cuaca tertentu.

 

 

7. Grandidierite

Batu-GrandidieriteGrandidierite ditemukan pertama kali di Madagaskar pada tahun 1902 dan termasuk kategori batu mulia langka sehingga batu ini hanya memiliki jumlah terbatas di dunia. Nama Grandidierite pada batu ini diambil dari nama seorang naturalis dan penjelajah asal Prancis bernama Alfred Grandidier (1836-1912) yang pada waktu itu mengadakan penelitian di Madagskar. Untuk menghormatinya akhirnya batu itu diberi nama Grandidierite

8. Musgravite

Batu-Musgravite(Perkiraan Harga US$ 35.000/karat)
Musgravite memiliki kekerasan 8-8,5 pada skala Mohs termasuk deretan batu termahal yang ada saat ini sehingga sering menjadi incaran banyak kolektor. Berhubung batu ini termasuk dalam kategori batuan paling langka diatas bumi dengan jumlah sangat terbatas. Membuat harganya sangat mahal. Pertama kali batu ini ditemukan oleh Richard Taaffe pada 1898-1967. Keberadaan batu ini hingga tahun 2005 lalu masih diperkirakan ada 8 buah saja di seluruh dunia.

 

9. Black Opal

Batu-Black-0pal-kalimaya(Perkiraan Harga US$ 2.355/karat)
Hampir semua orang sudah kenal dengan batu yang satu ini dan merupakan jenis batu mulia paling tersohor di dunia karena leindahannya. Bahkan telah dinobatkan sebagai Ratu dari semua batu mulia yang ada di bumi. Di Indonesia black opal dikenal dengan sebutan batu kalimaya dan banyak ditemukan di Provinsi Banten. Namun penghasil batu opal terbesar di dunia Australia, sehingga batu ini sering disebut sebagai batu Nasional Australaia

 

10. Jeremejevite

Jeremejevite(Perkiraan Harga $2.000/karat)
Pertama kali batu ini ditemuka di pegunungan siberia pada tahun 1883. Keindahan dan kelangkaannya membuat batu dengan kekerasan 7 pada skala mohs ini masuk dalam kategori batu permata termahal di dunia.

11. Sancy

Batu-The-SancyThe Sancy Pertama kali berlian ini dikenal pada sekitar 1570 dan diperkirakan milik Charles Martin Prancis dan berlian kuning langka dengan berat 55,23 karat. Dari sisi pemotongan juga sangat unik dan dinilai tidak biasa. Konon batu berlian berasal dari mongol dan ada yang menyebutnya dari indiajika dilihat dari cara pemotongan. Pertama

12. Red Beryl Emerald

Red-Beryl-Emerald(Perkiraan Harga US$10.000/karat)
Red Beryl pertama kali ditemukan oleh seorang Minerolog bernama Maynard Bixby sehingga batu itu sering disebut sebagai Batu Bixbite untuk menghormati penemunya. Beryl merupakan jenis mineral berilium, aluminium dan cyclosilicate Keindahan batu ini menyamai berlian dan batu mineral lain seperti safir dan Ruby, hanya saja berhubung batu ini sangat langka membuat harganya sangat mahal. Memang tidak banyak orang yang mengenal jenis batu ini kecuali kolektor yang sudah biasa berburu batuan mulia langka. Bahkan sangat jarang yang mengenakan batu ini sebagai perhiasan karena memang jumlahnya terbatas.

Sumber: eraberita com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s