Cara Membersihkan-Merawat Perak


Cara membersihkan perhiasan perak

Cara-Membersihkan-Perhiasan-PerakMembersihkan perhiasan perak dapat dilakukan sendiri dan bahan pembersihnya tersedia di dapur rumah. Ikut tips dan trik berikut:
Sebelum membersihkan perhiasan, bersihkan dahulu perhiasan dari debu dan kotoran pada permukaannya. Anda bisa menggunakan kain dari bahan yang lembut untuk membersihkannya. Ini untuk menghindari dari kerusakan perhiasan karena gesekan yang kasar. Yang perlu diingat saat membersihkan perhiasan perak, gosokkan lap ke arah yg sama pada perhiasan perak anda, dan dgn arah lurus. Jika Anda membersihkan secara melingkar, dikhawatirkan akan menggores perhiasan tersebut.
Rendam perhiasan perak dengan air panas yang telah dicampur 2-3 sendok baking soda. Pastikan perhiasan benar-benar terendam dalam campuran air baking soda.
Diamkan selama 2-3 menit lalu keringkan dengan kain lembut. Pastikan benar-benar kering agar terhindar kerusakan pada perhiasan. Dengan perawatan ini perhiasan perak kembali cerah.
Perak juga dapat dibersihkan dengan deterjen. Campurkan air hangat dengan 2-3 sendok deterjen dan bersihkan perhiasan di dalam mangkuk dengan sikat gigi.
Perlu diperhatikan, bandul atau batu permata jangan sampai terkena deterjen, karena ia akan merusak kejernihan batu permata.
Saat menyimpannya, jauhkan dari cahaya dan udara. Bungkus dengan kertas kedap air, lalu masukkan kedalam plastik dan simpan ditempat yang gelap. Jika memungkinkan, simpan perhiasan perak ke dalam jewelry box berbahan beludru, dan jauhkan dari apapun yg berbahan logam.

Cara Lain membersihkan perak:

Bilas dengan air hangat: Siapkan air hangat dalam wadah. Jika memang perhiasan perakmu cukup banyak, sediakan air dalam wadah yang agak besar. Lalu, bilas perlahan seluruh perhiasan dengan air hangat.
Keringkan: Setelah dibilas, keringkan perhiasan dengan handuk berbulu lembut. Pastikan juga sela-sela perhiasan telah kering.
Polish: Ada beberapa produk berbeda yang dapat digunakan untuk menghapus kotoran yang melekat. Jika menggunakan kain pembersih perak, gosok dengan gerakan ke depan lalu ke belakang, jangan dengan gerakan melingkar. Jika menggunakan cairan pembersih perak cair, setelah diaplikasikan pada perhiasan, diamkan selama beberapa detik, lalu keringkan dengan kain.
Pasta untuk desain rumit: Jika desain perhiasan cukup rumit, gunakanlah pasta pembersih perak. Kamu bisa menggunakan sikat berbulu lembut untuk menjangkau area yang sulit. Tetapi, di bagian permukaan perhiasan, tetap bersihkan dengan kain pembersih perak.

Sumber: missjoaquim com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s