Macam Jenis Batu Giok Aceh


Batu-Giok-AcehSobat GenerusIndonesia, Sejak tahun 2013 yang lalu batu giok aceh mulai mencuat ke permukaan pecinta batu akik, memang belum sepopuler sekarang, jika dulu batu giok aceh hanya di kenal oleh kalangan terbatas saja yaitu para pecinta batu akik, atau komutintas batu akik namun sekarang batu giok aceh sudah meluas ke hampir seluruh lapisan masyarakat khususnya di Aceh.
Banyak orang yang dulunya tidak menyukai akan batu akik sekarang malah jadi pecandu batu akik atau batu giok dengan berbagai alasan, ada karena ikut-ikutan dengan teman yang semua merupakan pecinta batu akik ada juga karena suka berbisnis batu giok sebab sangat cepat mendatangkan keuntungan yang berlipat.
Batu giok aceh ternyata memiliki jenis yang bermacam-macam, memang yang paling populer itu adalah batu giok aceh Idocrase dan giok solar namun selain itu ada banyak lagi batu giok Aceh yang bisa Anda temukan di pasaran batu giok aceh. Berikut ini beberapa jenis batu giok aceh yang berhasil kami kumpulkan foto foto dan namanya:

1. Batu Giok Lumut (Idocarase)

Batu-Giok-Aceh-IdocraseBatu giok aceh yang satu ini yang paling fenomenal karena memenangkan kompetisi batu akik yang diadakan di jakarta dua tahun lalu, warna giok idocrase ini hijau muda dan transparan, ada bercak-bercak hijau didalamnya yang menandakan itu adalah batu giok.

2. Batu giok Solar

Batu-Giok-SolarBatu giok solar juga berhasil laku dengan harga yang fantastis karena bisa di jual dengan harga 2,5 milyard dengan berat total 2,5 kg. warna batu giok ini mirip sekali dengan minyak solar, coklat muda transparan. Batu giok solar juga ada dua macam, ada yang giok solar saja, ada yang batu giok bio solar aceh.

3. Batu giok Nenas

Batu-Giok-NanasBatu Giok ini memiliki warna putih dengan serat didalamnya menyerupai daging buah nenas.

4. Batu giok Anggur

Batu-giok-anggurSeperti batu giok yang lain, batu giok anggur ini berwarna menyerupai warna daging buah anggur dengan serat yang mirip juga dengan daging buah anggur.

5. Batu giok Loreng

Batu-Giok-LorengBatu ini memang jarang ditemukan, namun bukanlah merupakan batu giok yang super karena serat-serat didalamnya mirip sekali seperti baju loreng kesatuan bersenjata.

6. Batu giok Salju

Batu-giok-SaljuMerupakan Jenis Batu Giok yang paling baru ditemukan yaitu Batu Giok Salju Aceh yang berwarna putih salju.
Khas dari batu giok adalah memiliki serat yang berbeda dengan batu alam lainnya, serat batu giok ini hampir semua sama pada setiap batu giok, begitu juga dengan batu giok salju Aceh yang memiliki serat batu giok namun warnanya yang putik sehingga kelihatan sangat unik. Khasiat batu giok salju aceh ini sama saja dengan batu giok yang lainnya, namun karena warnanya putih sehingga pantulan cahaya atau giwang dari batu cincin ini kurang memikat sehingga belum banyak peminatnya.
Batu Giok Salju memiliki nama Latin Hydrogrossular Garnet yang sebenarnya sudah cukup popule di dunia, hanya saja di Indonesia baru mulai di kenal sejak mulai populernya batu giok Aceh.

7. Batu giok Hitam (Black Jade)

Batu-Giok-Black-jadeBatu giok ini berwarna hitam pekat namun memiliki serat khas batu giok

8. Batu giok Neprhate

Batu-nephrite-jade-acehBatu giok neprite merupakan batu giok yang berwarna hijau, batu giok ini merupakan yang paling umum ditemukan, baik di Aceh maupun di china.

9. Batu Giok Neprite Pucuk pisang

Giok-Neprite-Pucuk-pisangBatu niprite putuk pisang ini masih sejenis batu giok niprite hanya saja warnanya yang akak hijau muda yang membuat batu giok ini meskipun murah tapi indah di pandang jika sudah di asah menjadi batu cincin atau gelang.

Mungkin masih ada lagi jenis batu giok yang ditemukan di Aceh, hanya saja untuk saat ini penulis baru menemukan 9 macam jenis batu giok aceh tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat buat Sobat GI.

Sumber: djurnal com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s