PageRank tidak pengaruhi SERP


PageRank Tidak Mempengaruhi SERP

pagerank-tidak-mempengaruhi-serp

Tahukan Sobat GenerusIndonesia, bahwa sekarang pagerank tidak lagi dijadikan penilaian bagi sebuah halaman situs atau blog yang menentukan peringkat dalam SERP. Bisa saja blog dengan pagerank 0 mengalahkan posisi blog dengan pagerank 7 misalnya untuk beberapa kata kunci. Jadi saran saya bagi blogger pemula, jangan takut untuk bersaing dengan blog blog papan atas, ikuti tips SEO GenerusIndonesia dan bersiaplah tampil di halaman pertama SERP Google. Dan bagi blogger yang mempunyai blog dengan pagerank tinggi, sebaiknya Sobat jangan terobsesi dan takut pagerank Sobat akan jatuh, karena pagerank bukanlah segalanya.
Lebih lengkapnya Sobat bisa menyimak pernyataan-pernyataan pakar seo blogger dan Matt Cutts yang merupakan engineer dari Google.

  • What you see is not what you get: Menurut Matt Cutts, pagerank itu bersifat compoted countinously. Jadi jika Sobat melihat pagerank 5 bisa saja kenyataanya halaman tersebut memiliki pagerank 7 atau bahkan di bawah 5. Google mempunyai tools tersendiri untuk menghitung pagerank disesuaikan dengan algoritma yang telah ditentukan, maka dari itu, pagerank itu bersifat dinamis dan baru akan diupdate pada interval-interval tertentu.
  • Toolbar PageRank Updates Do Not Influence SERP, Matt Cutts: Toolbar Pagerank hanyalah sebuah pagerank update. Meskipun Sobat tidak mempunyai pagerank, Google masih mempertimbangkan sekitar 200 aspek lain untuk menentukan ranking pada SERP. Jadi jangan heran jika ada situs yang memiliki pagerank lebih rendah mempunyai ranking yang bagus di SERP dibandingkan dengan situs dengan pagerank tinggi.
  • Google Lowers Manually Pagerank For Sites That Are Selling Links, Danny Sullivan: Saya telah bertanya ke Google dan mereka mengkonfirmasi bahwasannya nilai pagerank akan direndahkan secara manual untuk situs-situs yang sengaja menjual link. Google juga menyatakan situs-situs tersebut dapat masuk ke Google Sandbox atau bahkan dibanned oleh Google.
  • It Doesn’t Determine Your Google Footprint, Vanessa Fox: Jika ada satu hal yang bisa mendeterminasi Google footprint Sobat, maka hal tersebut bukanlah PageRank.

Jadi intinya seperti ini, pagerank bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan peringkat sebuah halaman di SERP Google. Jadi sobat jangan terobsesi dengan pagerank. Sobat bisa mendapatkan pagerank tinggi dengan menerapkan teknik black hat SEO. Namun apalah artinya jika peringkat Sobat buruk di search engine karena ketidakrelevanan isi halaman yang Sobat optimisasi. (kangmusa.com)

Dilihat dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa ternyata peranan konten blog dan dukungan backlink itu lebih kuat ketimbang pagerank. Jadi ini membantahkan semua teori bahwa pagerank itu mempengaruhi serp, tapi konten blog dan dukungan backlink lah yang menjadi pengaruh besar pada serp.

Jadi bagaimana menurut Sobat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s