Cara mengatasi Google Penguin


4 cara mengatasi Google Penguin

Google-PinguinSobat Generus Indonesia, berikut ini G.I. tulis sebagai opini tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi algoritma baru Google Penguin. Hari ini SEO semakin sulit. Seiring dengan update algoritma Google yang baru, web-web dan blog kini harus merubah cara-cara SEO yang dulu sering dilakukan. Jika dulu siapa yang paling banyak backlink itulah yang akan menguasai hasil pencarian, kini hal itu tidak berlaku lagi.

Bagaimana mengatasi Google Penguin untuk mendapatkan SERP yang baik
Umumnya, kita selalu menginginkan mendapatkan SERP yang baik jika membuat artikel. Tetapi kini mengoptimasi artikel menjadi pekerjaan yang sedikit menyusahkan. Terlebih jika optimasinya berlebihan, bukannya SERP-nya baik, tapi malah artikel hilang di pencarian search engine.

Sobat bagaimana cara mengatasi Google Penguin?
Ada 4 cara yang mungkin bisa kita lakukan untuk menghadapi Google Pinguin, yaitu:

  1. Membuat backlink berkualitas. Kalau belum tahu cara membuat backlink berkualitas, bisa dibaca artikel cara membuat backlink berkualitas di sini.
  2. Membuat artikel berseri. Artinya, apa yang kita ulas hari ini sebisa mungkin ada kelanjutannya besok, dan topik lanjutan ini tidak keluar jauh dari topik artikel pertama. Berilah tautan link antara kedua artikel tersebut. Jika kedua artikel itu terindeks, dan kemudian ada orang yang mengetikkan kata kuncinya di search engine, maka kedua artikel itu akan muncul beriringan. Harap dicatat bahwa link tautan tersebut harus ada hubungannya dengan artikel yang dibahas. Pentingnya membuat artikel berseri seperti itu, agar kita bisa menautkan link antara artikel-artikel yang kita buat. Tapi jangan meletakkan keyword yang sama dalam dua artikel. Meskipun topiknya sejenis, letakkan keyword yang berbeda.
  3. Cobalah sesering mungkin mengupdate blog. Karena dengan sering mengupdate blog, akan mempercepat indeks artikel yang kita buat. Search engine sekarang menuruti apa kebiasaan kita. Kalau hari ini kita publish artikel, belum tentu besok terindeks jika kita tidak mengupdatenya lagi.
  4. Cara yang keempat untuk mengatasi Google Penguin adalah dengan membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca. Ini mungkin cara final sekaligus paling natural. Karena apa? Jika artikel kita bermanfaat dan selalu mendapat klik yang besar dari pengunjung yang datang dari search engine, maka SERP artikel tidak akan mudah turun, bahkan cenderung naik karena search engine memandang artikel kita bermanfaat untuk pembaca. Maka, buatlah artikel-artikel yang bermanfaat untuk pembaca. Dijamin artikel sobat akan mendapatkan SERP yang baik.

Itulah sob,  antara lain cara mengatasi Google Penguin yang bisa G.I. sampaikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s