Penyebab Traffic Menurun


Mengapa Traffic Menurun ?

Alexa RangkingSobat Generus Indonesia, banyaknya keluhan mengenai menurunnya traffic, mendorong kami menganalisa berbagai masalah baik dari pengalaman ataupun membaca referensi-referensi hebat dengan blogwalking. Nah, ternyata ada beberapa masalah yang kadang ‘belum’ terpikirkan dan hebatnya lagi ‘sebenarnya’ telah ada tip untuk mengatasinya. Nah, kali ini saya posting “6 Alasan Traffic Menurun” dan semoga tip nya bisa bermanfaat dan membuka pikiran sobat mengenai ‘rumitnya’ masalah perbloggingan.

1. Traffic Musiman

Jika sobat masih berada dalam tahun pertama blogging tentu sobat belum memahami apa yang di sebut ‘grafik satu tahun’ yang mana menginformasikan kepada sobat bulan-bulan apa saja blog sobat benar-benar naik dan bulan-bulan lain dimana blog sobat tenggelam. Bisa jadi sobat bahkan shock ketika mengetahui fakta penurunan yang begitu drastis atau bahkan traffic off. Kini saatnya sobat memahami tentang traffic musiman.

Misal saja kita memiliki sebuah situs yang menyangkut tentang dunia pendidikan dan menyediakan berbagai soal-soal untuk ujian dan sebagainya. Begitu, mendekati tanggal-tanggal ujian situs kita begitu hebat dengan ‘booming’ pengunjung yang antusias mencari referensi soal untuk persiapan ujian. Tetapi begitu ujian selesai otomatis mereka akan melupakan situs kita karena mereka tak membutuhkan lagi sehingga situs kita ‘terlalu sepi’. Nah, inilah contoh traffic musiman. Dimana ada satu waktu puncak ledakan pengunjung, tetapi di lain waktu itu situs kita sepi. Tentunya hanya situs-situs tertentu yang mengalami dampak seperti ini.

Tipsnya: Bagi sobat yang mempunyai situs semacam ini harusalah psobati-psobati dalam strategi posting. Mempublikasikan hal yang tepat dengan keadaan. Misal sobat posting “Bagaimana menghadapi sekolah baru?” di bulan Juli, atau “Bagaimana menentukan jurusan?” sebelum kenaikan kelas. “Liburan bermanfaat” pada masa liburan. “Tips mengatasi kejenuhan belajar” atau “Cara mengejar ketinggalan pelajaran” di pertengahan masa sekolah.
sobat harus menyesuaikannya dan menjaga pengunjung sobat mendapatkan obat dari blog sobat akan sakit yang tentu berbeda dalam waktu yang berbeda.

2. Objek sobat Habis

Begitu sobat membuat blog seharusnya sobat menytadari pentignya objek. Sekali lagi saya selalu berkata ‘jangka panjang’. Jika sobat sudah mempunyai maka akan mudah bagi sobat posting dari hari ke hari. Langsung saja saya beri contoh. Ketika sebuah turnamen berlangsung misal saja Piala Dunia. sobat menyajikan hasil pertandingan cepat dan informasi yang komplit. Maka sobat hanya perlu membuat satu judul ‘Hasil Piala Dunia’ dan sobat hanya perlu update maka sobat bisa menikmati pengunjung banyak dan stabil setiap harinya. Tetapi ketika Piala Dunia berakhir maka sobat terhenti dan otomatis pengunjung menurun….

Tips: Sobat sebenarnya justru bisa memanfaatkan saat blog sobat ramai untuk promo. Makanya bagi blog-blog seperti ini harus sudah tahu jadwal-jadwal kedepan secara akurat. Sehingga sobat bisa menulis iklan “Kembali lagi dan Dapatkan Update Seperti Ini di Carling Cup” atau sebagainya. Salah satu yang menjamin kesusksesan blog adalah ‘sobat sudah punra rencana kedepan’

3. Frekuensi Posting

Sudah jadi rahasia blog yang digemari adalah blog yang selalu update. Jika traffic sobat menurun mungkin sobat perlu berpikir ‘seberapa sering sobat posting’. Saya tidak menyarankan untuk update lima kali sehari dan kemudian sobat bingung tak ada ide untuk hari kedepan. Bahkan seminggu sekalipun bisa berhasil asal sobat consisten. Yang penting sobat mempunyai jadwal kapan sobat posting. Sah-sah saja bagi mereka yang posting dua hingga tiga kali sehari asal ‘yakin’ mereka punya sesuatu untuk hari-hari yang akan datang.

Tips: Selalu update blog sobat. Jangan terlalu sering karena mungkin beberapa artikel sobat tak akan tersentuh karena pembaca tak mengetahuinya. Jangan terlalu jauh karena ini dunia ‘penuh’ persaingan. Usahakan jadi yang pertama. Penting juga untuk mengamati perkembangan blog sejenis sobat.

4. Kualitas Posting Yang Buruk

Kualitas post yang buruk tentu akan membuat pembaca sobat lari.

Tips: Jika akhir akhir ini kembali ‘rame’ dengan copas… copas… copas…. Nah itu salah satunya. Usahakan sobat punya inovasi sendiri. Jika memang terinspirasi dengan suatu artikel di blog, buatlah ulang dengan gaya sobat. Berkaitan dengan list nomer tiga, sobat jangan terburu-buru untuk posting, lebih baik pastikan dulu artikel sobat. Setelah sobat publikasikan cek dulu dan baca sampai tuntas lewat tampilan blog sobat. Jika saya posting hingga dua tiga kali sehari bukan karena terburu-buru melainkan banyaknya bahan kajian yang selama ini saya reka-reka dan hanya tersimpan sebagai draft. Nah, saya berusaha mengurangi draft itu setiap harinya…

5. Sobat Malas Promosi

Banyak complain dengan masalah copas lagi, “Saya post terlebih dahulu, mengapa mereka yang hanya copas justru ada di peringkat teratas di google?” Jika sobat merasakan hal serupa coba selidiki link sobat. Banyak kejadian suatu blog dulunya benar-benar berada pada halaman pertama google dan ketika saya lihat memang content blog tersebut bagus.Tetapi mengapa bisa tiba-tiba hilang dan kalah oleh mereka yang memuat artikel serupa, padahal kalah dalam gaya. Alasannya backlink.

Tips: Yang perlu sobat lakukan adalah menjalin relasi. Sering blogwalking dan promosikan artikel sobat. Kecuali seperti kangrohman yang jelas sudah bertahun-tahun dan mempunyai pelanggan setia.

6. Faktor Google

Jika sobat merasa hal-hal di atas bukan masalah sobat, jangan panik karena google senang mengubah algoritmanya. Kadang-kadang ia menetapkan pemikiran atau perhitungan yang berbeda.

Tips: Sobat Jangan panik hehehehe…. Selalu berusaha saja bikin content yang bagus dan update.
Banyak hal yang menyebabkan traffic sobat menurun, tapi banyak hal pula trik untuk menaikkan traffic sobat. Keep post…..(themasdoyok.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s